Kerja Bahagia Dengan Ikigai

— 2 minute read

Hari ini gw men­e­mukan ar­tikel menarik yang di­t­ulis oleh Iqbal Hariadi. Salah satu cara be­la­jar yg skut adalah kita berguru pada role model. Yang pastinya, dia adalah sosok yg klop sama kita. Dari yang gw tau, orang-orang ini kalo ngo­b­rol itu enak di­denger, gam­pang dicerna, dan bisa jadi in­flu­encer buat banyak orang.

Di ar­tikel ini, sosok yg di-high­light adalah Chris Do. Dan video dia ttg How To Find And Do Work That You Love (Ikigai)”, nge­buka satu pintu per­spek­tif lagi ten­tang kerja dan ke­ba­ha­giaan. Di video itu, dia men­je­laskan bagaimana men­cari peker­jaan yang kita suka, kua­sai, diba­yar, dan bisa kasih im­pact un­tuk dunia.

ikigai [@] source: google im­age

Dari yang gw ton­ton, cara men­cari iki­gai adalah den­gan menuliskan se­tiap poin sesuai kat­e­gori iki­gai. Ketika menulis poin-poin tsb, us­a­hakan lu­pakan kat­e­gori lain, fokus aja sama kat­e­gori yang lagi di­t­ulis. Misal kita akan menulis kat­e­gori Love atau Disukai. Ya udah, kita fokus pada cari hal-hal yang kita sukai atau in­gin kita lakukan. Ga perlu yang kita tulis itu, diba­yar kah, kita kua­sai kah atau dubu­tuhin sama dunia.

Setelah kita nulis se­mua poin di se­tiap kat­e­gori. Kita cari poin-poin yang sal­ing berhubun­gan dan di­ma­sukkan ke irisan di­a­gram yang ada di ten­gah (ikigai). Buat lebih de­tail nya bisa cek lang­sung di video nya