Bekraf Developer Conference

— 2 minute read

Setelah lu­lus dari pro­gram Google Developer Kejar (GDK), saya berke­sem­patan mengikuti Bekraf Developer Conference atau BDC dari Dicoding.

BDC kali ini di­adakan kem­bali di Bandung, tepat­nya di The Papandayan Hotel. Pada BDC tahun ini, ter­da­pat dua track yaitu dari track dari Dicoding dan track dari Asosiasi Game Indonesia.

Track yg saya ikuti adalah Dicoding. Ada 4 sesi dalam track ini. Sesi per­tama mem­ba­has ten­tang Hegemoni Jurusan IT. Sesi ke­dua ten­tang Mencetak Talenta Digital dari Kampus. Sesi ketiga ten­tang Melahirkan Mutiara Digital dari Komunitas. Sesi keem­pat ten­tang Tantangan Membangun Aplikasi.

Hegemoni Jurusan IT perma­link

Jurusan IT di kam­pus bukan men­jadi satu-sat­unya tem­pat be­la­jar men­jadi soft­awre de­vel­oper, tapi banyak tem­pat non-for­mal yg menye­di­akan pelati­han baik on­line maupun of­fline. Bahkan sese­o­rang dri­ver go­jek tanpa pen­didikan for­mal bisa men­jadi men­da­p­atkan peker­jaan se­ba­gai soft­ware de­vel­oper sete­lah mengikuti pelati­han.

Selain itu, soft­ware de­vel­oper juga tidak hanya be­rasal dari ju­ru­san IT, bahkan dari ju­ru­san lain pun se­lama memi­liki ke­mam­puan bisa memi­liki peker­jaan se­ba­gai se­ba­gai soft­ware de­vel­oper.

Mencetak Talenta Digital dari Kampus perma­link

Sesi ini di­isi oleh para dosen ju­ru­san IT. Salah sat­unya adalah Dr. Inggriani Liem man­tan dosen di STEI ITB. Beliau men­je­laskan ten­tang bagaimana men­jadi se­o­rang Software Developer yang suk­ses. Yang da­pat saya rangkum adalah: Pelajari Computational Thinking, Algoritma-Struktur Data, dan Fungsional & Object Oriented Paradigm.

Selain itu, dosen lain juga men­je­laskan kon­disi ma­ha­siswa mereka di kam­pus. Menurut salah satu dosen, mah­siswanya itu kepin­gin yang in­stant-in­stant, con­tohnya dikasih tu­gas pin­gin yang mu­dah dan cepat jadi. Lalu, dosen yang lain men­je­laskan bahwa ma­ha­siswanya itu ku­rang mi­nat dalam mem­pela­jari ku­li­ah­nya, se­hingga be­liau ser­ing mem­berikan mo­ti­vasi.

Pada sesi ini, datang salah satu murid Dr. Inggriani, be­liau menanyakan apakah mungkin mem­pers­ingkat waktu mem­pela­jari kon­sep dasar pem­ro­gra­mana sam­pai 3 bu­lan. Menurut Dr. Inggriani, ini bisa di­lakukan asal, lingkun­gan­nya su­dah men­dukung un­tuk com­pu­ta­tional think­ing. Karena, kendala di Indonesia masih ada saja daerah yang belum me­man­faatkan penuh teknologi kom­puter ini.

Melahirkan Mutiara Digital dari Komunitas perma­link

Di sesi ini, hadir peng­giat ko­mu­ni­tas dari GDE Android Indonesia, Lead Jakarta JS, Software Engineer LINE sekali­gus dosen Binus, dan co-founder Codepolitan. Mereka bercerita bagaimana mereka tum­buh dari ko­mu­ni­tas, per­anan ko­mu­ni­tas dalam mema­jukan SDM Software Developer di daerah, bagaimana ko­mu­ni­tas bisa mem­bantu LINE dalam men­ge­nalkan fi­tur API LINE ke de­vel­oper di Indonesia.

WIP

Tantangan Membangun Aplikasi perma­link

WIP